Peningkatan Pengetahuan Masyarakat melalui Sosialisasi Batur Unesco Global Geopark

  • 09 Desember 2016
  • Umum
Peningkatan Pengetahuan Masyarakat melalui Sosialisasi Batur Unesco Global Geopark
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan masyarakat di sekitar kawasan Wingkang Ranu yang merupakan kawasan Batur Unesco Global Geopark (BUGG), Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melakukan kegiatan sosialisasi Batur Unesco Global Geopark. Kegiatan ini menitikberatkan pada peningkatan pengetahuan  masyarakat terutama di daerah pedesaan tentang apa itu Geopark dan bagaimana memanfaatkan geopark untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Sesuai dengan konsepnya, geopark adalah sebuah kawasan yang memiliki unsur-unsur geologi di mana masyarakat setempat diajak berperan serta untuk melindungi dan meningkatkan fungsi warisan alam, termasuk nilai arkeologi, ekologi dan budaya yang ada di dalamnya. Istilah Geopark merupakan singkatan dari "Geological Park" yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Taman Geologi atau taman bumi.
 
Selama kegiatan sosialisasi BUGG tersebut, masyarakat sangat tertarik dengan usaha peningkatan pemberdayaan masyarakat di kawasan BUGG serta bagaimana melakukan sinergi dengan pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di kawasan BUGG. Masyarakat juga memberikan informasi mengenai akses dan infrastruktur di kawasan ini yang belum maksimal dan diharapkan pemerintah memperhatikan hal tersebut.
 
Seperti diketahui bersama bahwa geopark merupakan perpaduan antara warisan geologi, warisan budaya dan keanekaragaman hayati dengan memperhatikan pendidikan, konservasi dan pembangunan yang berkelanjutan.
  • 09 Desember 2016
  • Umum

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita