Pemberdayaan Masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Desa Wisata

  • 10 November 2016
  • Umum
Pemberdayaan Masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Desa Wisata
Strategi pemerintah dalam pembangunan kepariwisataan pada program pengembangan destinasi pariwisata, difokuskan pada pengembangan desa wisata dan Pokdarwis
 
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan serta terwujudnya Sapta Pesona dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.
 
Menurut pedoman Pokdarwis Kementerian Pariwisata R.I, Pokdarwis ini merupakan kelompok swadaya dan swakarsa masyarakat yang dalam aktivitas sosialnya berupaya untuk: (1) Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kepariwisataan, (2) Meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan (3) Meningkatkan nilai manfaat kepariwisataan bagi masyarakat/anggota Pokdarwis, (4) Mensukseskan pembangunan kepariwisataan.
 
Desa wisata merupakan sebuah kawasan pedesaan yang memiliki keunikan dan karakteristik khusus untuk menjadi destinasi wisata, antara lain: lingkungan bernuansa alami, tradisi dan budaya masih dipegang masyarakat, makanan khas, sistem pertanian dan sistem kekerabatan. Desa wisata sebagai daerah tujuan wisata tentu perlu ditunjang dengan fasilitas yang memadai bagi para wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain : penginapan/homestay, sehingga wisatawan benar-benar merasakan suasana keseharian pedesaan dengan apa adanya, restoran/warung makan, arena aktifitas di alam/outbound facility) serta berbagai kemudahan bagi wisatawan.
 
Makin beragamnya pilihan keinginan wisatawan, kesadaran akan pelestarian lingkungan, isu pemanasan global, menjadikan para pelaku pariwisata melirik pada konsep back to nature. Wisata pedesaan sebenarnya suatu bentuk pariwisata minat khusus yang dikemas secara komprehensif sehingga para wisatawan dapat berinteraksi secara lengkap baik dengan alam lingkungan maupun dengan masyarakat sekitar termasuk juga budaya dan tradisi didalamnya. Wisatawan dapat melihat dan merasakan langsung nilai – nilai kearifan lokal yang masih terasa denyutnya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.
  • 10 November 2016
  • Umum

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita