Upacara Piodalan Pura Pucak Penulisan Kintamani Bangli

  • 25 Oktober 2016
  • Umum
Upacara Piodalan Pura Pucak Penulisan Kintamani Bangli
Pucak Penulisan  merupakan salahsatu pura Khayangan Jagat di Bali. Pura Pucak Penulisan juga biasa disebut Pura Pucak Panarajon (Pucak Penjuru/ Tujuan). Oleh karenanya seluruh Jagat Bali berkiblat ke Pucak Panarajon. Hal ini sesuai dengan babad Catur Dharma Kelawasa, yang menyebut jagat Bali meraga kidul. Pura Pucak Penulisan juga disebut Pura Tegeh Kahuripan yang berarti kehidupan yang tinggi atau Gunung Wangun Urip atau sumber kehidupan. Dipura ini terdapat Lingga Stana palinggih Ida Bhatara Ciwa Sakti. Penyungsung Pura Pucak Penulisan disebut dengan Gebog Domas yakni kelompok delapan ratus yang disebut Kanawa atau Banua.
 
Pura Pucak Penulisan merupakan salah satu Pura yang sudah ada sejak jaman dahuli kala dan merupakan warisan kebudayaan Bangli pada khususnya dan Bali pada umumnya. Kawasan pura ini memperkaya keragaman budaya di kawasan Batur Unesco Global Geopark, selain juga terdapat pura lainnya di kecamatan Kintamani.
 
Menurut Manggala Karya I Wayan Jasa,S.Pd.H mengatakan Karya ring Pucak Penulisan merupakan warisan turun temurun sekitar 700 tahun yang lalu oleh Raja Bali terakhir Sri Asta Sura Ratna Bumi Banten dengan harapan utama untuk memohon ke hadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa agar semua pertanian perkebunan dan sehananin tinandur di seluruh Bali diberikan kesuburan serta hasil yang berlimpah ruah.
 
Dengan sebutan Gebog Domas penyungsung Pura Pucak Penulisan Kintamani di bagi 4 gebog satak yaitu Desa Sukawana,Desa selulung , Desa Kintamani dan Desa Bantang, disamping gebog domas juga ada 1 desa penyungsung yaitu warga Tambiak Pecatu Badung dan 1 Desa yang ada di kecamatan Payangan gianyar.   Karya yang diawali dari tanggal 6 Oktober sampai 25 Oktober 2016 di puput oleh Jro Kubayan Putus Desa Sukawana yang dikuti oleh seluruh Peduluan gebog Domas.
  • 25 Oktober 2016
  • Umum

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita