Baca Berita

PENEBARAN BENIH IKAN DI DANAU BATUR KAWASAN BATUR GLOBAL GEOPARK

Oleh : baturgeopark | 02 Mei 2017 | Dibaca : 160 Pengunjung

Dalam rangka ulang tahun kota Bangli yang 813 pada tahun 2017 ini, Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Dinas Pertanian, Ketahan Pangan dan Perikanan melakukan penebaran 100 ribu benih ikan nila di perairan umum (restocking) di Danau Batur, Kintamani pada hari Jumat tanggal 28 April 2017. Kegiatan restocking yang dilakukan di wilayah desa Kedisan ini, dipimpin oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Drs. Wayan Warta Megantara, didampingi sejumlah pempinan organisasi perangkat daerah Kabupaten Bangli.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat dengan menambah stok ikan di perairan umum, terutama di perairan yang dianggap telah mengalami kritis akibat eksploitasi berlebihan dan tujuan lainnya adalah mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang yang nantinya dapat bermuara pada kelestarian lingkungan. Penebaran benih ikan adalah langkah terbaik dalam pemulihan kembali dan meningkatkan jumlah populasi ikan di perairan umum, dan secara tidak langsung kegiatan ini membantu masyarakat dalam pemenuhan ikan protein hewani dan meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar Danua Batur. Untuk itu pemerintah daerah berharap kepada masyarakat dan petani ikan di kawasan seputaran Danua Batur agar tetap membantu program pemerintah dalam pengembangan perikanan berwawasan lingkungan dan tetap menjaga kelestarian Danau.

Untuk selanjutnya akan terus dilakukan penebaran benih yaitu direncanakan pada tanggal 19 Agustus 2017 di desa Buahan sebanyak 50 ribu ekor dan di Abang Batudinding sebanyak 50 ribu ekor. Sementara untuk tanggal 23 September, penebaran benih ikan sebanyak 100 ribu ekor akan dilakukan di kawasan Pura Ulun Dhanu Songan.


Oleh : baturgeopark | 02 Mei 2017 | Dibaca : 160 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
info@baturglobalgeopark.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Batur Global Geopark?
Twitter