Baca Berita

Aktivis Peduli Lingkungan Melakukan Pembersihan Danau Batur

Oleh : baturgeopark | 19 Juli 2017 | Dibaca : 56 Pengunjung

Kebersihan dan kelestarian Danau Batur merupakan hal yang sangat penting karena danau ini menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar Kaldera Batur dan juga masyarakat Bali secara umum. Danau Batur menjadi salah satu sumber air pulau Bali selain Danau Beratan, Danau Tamblingan dan Danau Buyan. Untuk itu masyarakat sangat perlu menjaga kebersihan dan kelestarian Danau Batur.

Pada tanggal 16 Juli 2017, para aktivis peduli lingkungan melakukan pembersihan Danau Batur dari sampah dan enceng gondok.  Mereka mencoba mengumpulkan sampah enceng gondok menjadi pupuk organik yang nantinya akan digunakan untuk lahan pertanian di sekitar area tersebut. Kegiatan ini direncanakan akan dilakukan secara berlanjut dengan mengajak beberapa aktivis lainnya dan juga ke depan masyarakat sekitar Danau Batur.

Danau Batur merupakan bagian permukaan bumi yang berupa cekungan/ledok atau lembah (basin) yang luas dan digenangi air serta terletak ditengah-tengah daratan. Air yang menggenangi danau bisa berasal dari mata air, air tanah, air sungai yang berpelepasan atau bermuara di danau tersebut dan bisa juga berasal dari air hujan. Danau Batur merupakan jenis Danau Vulkanik yaitu  danau yang terdapat pada kawah lubang kepunden bekas letusan gunung berapi. Ketika gunung meletus batuan yang menutup kawasan kepunden rontok dan meninggalkan bekas lubang di sana. Ketika terjadi hujan lubang tersebut terisi air dan membentuk sebuah danau.

 

 

 

 


Oleh : baturgeopark | 19 Juli 2017 | Dibaca : 56 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Hubungi Kami
info@baturglobalgeopark.com -
Jajak Pendapat
Bagaimana Pendapat Anda tentang Website Batur Global Geopark?
Twitter